Beranda > HTML > Konsep Dasar HTML

Konsep Dasar HTML

HTML adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Language, merupakan bahasa text yang menggunakan tanda-tanda (markup) yang dikenal dengan , dimana nantinya merupakan pengembangan dari SGML (Standart Generaize Markup language). Dengan HTML dapat dibuatkan suatu halaman web statis dimana nantinya merupakan dasar dari halaman web dinamis. Membuat halaman web menggunakan HTML dapat dilakukan dengan editor khusus HTML seperti Notepad, Wordpad atau Ms.word atau editor lain seperti Editplus dan Ms.frontpage.
Pembuatan HTML pertama adalah team bernes-lee yang pada saat itu bekerja di european particle physics lab CERN (Consel European pour la Racherche Nucleare) di Ganeva,Swiss. Dimana idenya adalah untuk pemakaian secara bersama antara beberapa computer kolegannya menggunakan hypertext, sehingga dapat menampilkan dokumen pada tampilan browser HTML, pada saat itu browser yang digunakan adalah browser mosaic yang digunakan untuk pertama kalinya. Dengan tampilan dokumennya yang menggunakan HTML maka pembaca dapat melompat dari dokumen yang lain, hanya melakukan klik pada kata yang diinginkan, bahkan dapat melompat ke alamat lain.
Sejak itu,pada tahun 1993 banyak pengembang yang ingin mengembangkan HTML, sehingga perkembangannya sangat pesat, penambahan fasilitas baru dibuat, guna menyempurnakan kemampuan HTML dengan tidak mengubah cara kerjanya, yaitu dengan munculnya HTML pada tahun 1993. kemudian tahun 1995 muncul versi HTML 2.0 pada bulan November yang dirilis oleh IETF (Internet Enginnering Taks Force) dan disusul HTML 3.0 yang tentunya mempunyai kelebihan dari versi-versi sebelumnya. Kemudian pada tahun 1997 muncul HTML versi 3.2 yaitu pada bulan januari dan versi-versi berikutnya kemudian dirilis seperti versi 4.0 pada tahun 1997 dan versi 4.01 yang merupakan HTML versi terbaru, dikeluarkan oleh W3C sekitar april 1999, dimana mendukung halaman web dinamik.

HTML Tingkat Dasar
Untuk memulai pembuatan halaman HTML maka dapat dimulai dengan menyiapkan editor yang akan digunakan, misalkan dengan menggunakan EditPlus atau NotePad, yang dilakukan disini adalah menggunakan EditPlus.
Format halaman HTML adalah terdiri dari dua bagian yaitu bagian header dan bagian body, yang semuanya itu dibuka dan ditutup dengan . Seperti tag adalah digunakan untuk tanda awal dari suatu halaman HTML, sedangkan tag (diawali dengan slash) digunakan untuk tanda akhir dari suatu halaman HTML. Tag-tag tersebut dapat ditulis dengan huruf kecil maupun besar, karena HTML tidak mengenal case sensitive (membedakan huruf kecil dan besar).

Suatu tampilan browser dari halaman web biasanya menggunakan judul (title) yang digunakan untuk menanamkan suatu halaman web dan untuk memberikan nama pada saat suatu halaman web akan menampilkan nama pada menu browser (menu favorit). Judul ini akan ditampilkan pada bagian kiri atas suatu browser seperti gambar 2.1.10 diatas. Untuk menyimpan halaman dari EditPlus harus berekstensi “*html”, dimana “ * “ adalah nama document. Jika tidak dilakukan, maka pada saat document ditampilkan yang muncul adalah tampilan EditPlus.
Apa yang dapat dilakukan dengan HTML ?
 Menentukan format text.
 Menampilkan informasi dalam bentuk table.
 Menyisipkan citra atau gambar dan link.

Kategori:HTML
  1. Agustus 29, 2009 pukul 10:00 pm

    salam dari mas…. blognya muuantep!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: