Beranda > Tak Berkategori > MENGINSTAL APACHE

MENGINSTAL APACHE

Untuk menginstal Apache di computer windows, anda dapat mendownload soerce terbarunya dari website di http://httpd.apache.org/download.cgi dengan kode win32, saat buku ini ditulis, versi apache terakhir adalah 2.0.45. anda di anjurkan untuk tetap menggunakan apache versi 1.3.x karena telah teruji dan memiliki konektivitas yang lebih stabil dengan PHP.
Untuk memulai instalasi apache, klik ganda file instalernya, misalnya apache_1.3.27-win32-x86-no_src.exe, dan ikuti perintah on-screen instalasi Apache.

Berikut ini adalah perintah on-scren instalasi Apache .27 :
1. Anda akan diminta memberikan persetujuan dalam tampilan license agreement. Pilih I accept the terms in license agreement dan tekan tombol next.
2. Selanjutnya akan muncul tampilan yang menginformasikan versi apacheyang sedang anda instal dalam Read this first. Sebaiknya anda membaca isi Read this first dengan baik. Kemudian tekan tombol next untuk melanjutkan instalasi.
3. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi server dalam tampilan server information, yang terdiri atas network domain. Server name, dan administrator’s email address seperti yang terlihat pada gambar 2.1.
Masukkan informasi standart localhost untuk keperluan eksperiment sebagai berikut : Network Domain : localhost. Server name : localhost. Dan Administrator’s Email Address : admin@localhost.
Bagian akhir tampilan server information, anda diminta untuk memilih di mana serta bagian apache akan diinstal dan berjalan. Anda dianjurkan untuk mengikuti pilihan default dengan memilih Run as service for All user—Recommended. Lajutkan instalasi dengan menekan tombol next.

4. Pada perintah on-screen selanjutnya, yakni setup type, anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi. Sekali lagi,anda di anjurkan mengikuti pilihan default dengan memilih complete. Selanjutnya takan tombol next.
5. Langkah berikutnya adalah memilih folder tempat apache akan diinstal pada perintah on-screen Destination Folder. Kembali ikuti pilihan default dan tekan tombol next.
6. On-screen akan menampilkan konfirmasi terakhir sebelum instalasi instalasi apache dilakukan untuk menanyakan apakah anda sudah yakin dengan informasi yang telah dimasukkan. Jika ya, tekan tombol install.
7. Instalasi Apache akan berlangsung beberapa menit, bergantung pada spesifikasi computer anda. Pada tahap akhir instalasi, on-screen akan menampilkan pesan bahwa apache sudah terinstal dan siap untuk digunakan. Tekan tombol Finish untuk mengikuti akhir proses.

Apache akan membuat folder baru di C:\Program Files\Apache Group, dan group shourtcut di start > program > apache as a Server.
Apache meletakkan document root defaultnya di C:\Program Files\Apache\Group\Apache\htdocs. Rename salah satu file yang ada di dalam directory htdocs menjadi index.html.
Misalnya, rename file index.html.en menjadi index.html (buang ekstensi .en). kemudian buka web browser anda dan ketikan alamat localhost.
Selanjutnya, hapus semua file yang ada directory htdocs, kecuali directory manual. Directory manual berisi petunjuk-petunjuk penting mengenai Apache.
Anda dapat membukanya melalui alamt http://localhost /manual jika sewaktu-waktu menemukan masalah dengan apache.
Directory htdocs dapat anda gunakan untuk menyimpan file-file HTML atau PHP. Directory ini dapat diakses melalui web browser dengan alamat http://localhost/.

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: