Beranda > HTML > Menyisipkan citra

Menyisipkan citra

Menyisipkan Citra atau Gambar dan Link
Image di sini diartikan citra atau gambar, yang akan digunakan pada suatu homepage (laman) untuk mempercantik tampilan sehingga apabila laman di publish akan terasa enak dilihat.
Meskipun citra merupakan daya tarik tersendiri dalam menghiasi suatu laman, akan tetapi perlu diperhatikan baha semakin banyak citra yang menghiasi suatu laman maka kecepatan tampil dari halaman tersebut memerlukan waktu yang relative lama dibandingkan laman-laman yang tanpa citra. Oleh sebab itu maka digunakan citra yang mempunyai ukuran kecil. Yaitu menggunakan tehnik kompresi, sehingga citra dapat dimampatkan sedemikian sehingga menjadi lebih kecil dari ukuran byte-nya dari sebelum dilakukan kompresi. File citra dengan extensi *.BMP sangat tidak baik untuk digunakan untuk menghiasi laman, karena tidak menggunakan teknik kompresi sehingga ukurannya besar. Berikut ini adalah file-file citra yang mempunyai teknik kompresi tinggi dan sering dijumpai dan digunakan untuk menghiasi halaman di internet, yaitu :

PNG (Portable Network Groupics)
Menggunakan teknik kompresi pengelompokan jumlah pixel, yaitu pixel yang sama disimpan sekali dan diiuti dengan jumlah pixel pada citra aslinya. Sehingga, format citra ini sesuai untuk citra yang mempunyai banyak pixel sama. Seperti pada citra diagram batang, pie chart, scatter diagram dan lainnya.
JPEG (Joint Pholographic Expert Groups)
Menggunakan format warna 24 bit (16 juta), menggunakan teknis progressive, yaitu menampilkan sebagai citra secara bertahap. Sehingga, gambar tidak perlu didownload secara keseluruhan (serupa dengan teknik interlacing pada GIF). Biasanya digunakan untuk menampilkan citra yang memerlukan kualitas tinggi. Untuk memperkecil citra maka sebaiknya dilakukan teknik blur (teknik perataan pixel, sehingga citra tampak buram) dahulu kemudian baru dikecilkan.
GIF (Graphics Interchange Format)
Menggunakan format warna 8 bit (256). Tehnik penyimpanan interlaching sehingga citra dapat dilihat pada jendela browser secara bertahap (tidak perlu menunggu sampai semua file terkirim). Disamping itu juga menggunakan teknik transparan sehingga citra dapat digunakan sebagai latar belakang yang terlihat secara samar-samar. Dengan menggabungkan beberapa citra maka didapatkan suatu animasi citra yang bergerak, contohnya software GIF animator.
Suatu citra dapat digunakan sebagai loncatan untuk menuju keinformasi yang lain (link), dengan cara menunjuk dan klik pada citra tersebut.

Kategori:HTML
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: